Kata Bijak Tentang Kepemimpinan

Di bawah ini adalah kata bijak yang telah saya rangkum dari Simon Sinek, pembicara dan pelatih yang saya kagumi yang membuka mata saya tentang arti kepemimpinan.

Cara dia melihat dalam dunia bisnis dengan cara yang tidak biasa dan inovatif telah menginspirasi jutaan orang.

Berikut ini Kata Bijak Tentang Kepemimpinan


Kata-Bijak-Tentang-Kepemimpinan-Actionesia

Tugas seorang pemimpin bukanlah untuk mengerjakan tugas untuk orang lain, pemimpin membantu orang lain untuk mengetahui cara melakukan tugas tersebut itu sendiri hingga berhasil.

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa pemimpin itu sudah seharusnya membantu dan melayani anak buahnya.

Itu memang benar, namun jika hal tersebut dilakukan oleh seorang pemimpin maka hal ini akan membahayakan diri pemimpin tersebut dan juga organisasi yang dipimpinnya.

Tugas seorang pemimpin yang sebenarnya adalah membantu anak buahnya untuk mengetahui cara bagaimana menyelesaikan suatu tugas dan menginspirasi anak buahnya untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik, meskipun pada awalnya anak buahnya tersebut berpikiran bahwa tugas tersebut tidak mungkin dilakukan.

Tujuannya adalah tidak menjadi sempurna pada akhirnya, namun menjadi lebih baik pada hari ini.

Pemimpin yang baik tidak akan membicara impian dan tujuan besarnya pada orang setiap lain.

Mereka hanya menyelesaikan tugas tugasnya pada hari ini dengan baik namun tidak melupakan tujuan besar demi organisasi atau perusahaan dan kepentingan orang banyak.

Saya sering melihat debat caleg atau calon pemimpin di pemerintahan yang sering ditanyakan visi misi di dalam pemerintahan jika mereka terpilih.

Namun saya sangat jarang melihat pertanyaan mengenai bagaimana keseharian mereka, seperti bagaimana jika ada orang yang membuang sampah di di jalan, bagaimana saat ada pengemis datang ke rumahnya, bagaimana saat berdebat dengan istri atau anak anaknya.

Jika kamu sebagai pemimpin atau sebagai calon pemimpin, maka kerjakanlah tugas tugasmu dengan baik hari ini.

Memang tidak sempurna, namun akan lebih baik kamu mencoba untuk menjadi sempurna.

Saat kamu mencoba untuk menembak bintang, dan meleset masih ada bintang yang lain yang akan kena.

Pemimpin tidak mencari pengakuan dari orang lain, pemimpin mencari pengakuan untuk orang lain

Pemimpin yang baik tidak akan pernah bangga saat ada orang lain yang memuji atas pekerjaan yang diselesaikannya.

Sebaliknya, pemimpin yang baik akan menempatkan anak buahnya sebagai orang yang paling penting dan paling patut mendapat pengakuan dan penghargaan atas tugas yang telah diselesaikan.

Karena mereka tahu bahwa tugas mereka hanya menunjukan bagaimana suatu tugas diselesaikan dan bawahannya-lah yang menyelesaikan dan mengeksekusi tugas tesebut hingga selesai.

bos-dengan-ego-tinggi-actionesia


Perusahaan dengan pimpinan yang baik, orang akan berbicara tentang kekuatan dan nilai.

Di perusahaan yang dipimpin dengan buruk, orang akan mengeluh tentang gaji dan keuntungan.

Saat pemimpin dapat melakukan tugas mereka dengan baik dan memimpin dengan dasar ciri pemimpin yang baik, maka seluruh anggota tim akan berbicara tentang bagaimana cara membuat tim dan organisasi mereka menjadi lebih kuat dan mendapat nilai yang lebih baik.

Berbeda dengan organisasi atau perusahaan yang dipimpin oleh pimpinan yang buruk, seluruh anggota tim akan selalu mengeluh tentang gaji yang mereka dapatkan dan juga benefit yang mereka dapatkan.

Ini dikarenakan mereka berpikir secara hitung-hitungan atas pekerjaan yang mereka lakukan.

Bukan karena tugas yang terlalu banyak, namun karena pimpinan mereka secara terang terangan memimpin anak buahnya dengan buruk, seperti memberikan tugas terlalu banyak, tidak mau mendengarkan apa yang dikatakan oleh bawahannya, tidak mengapresiasi atas kesuksesan dan kerja keras anak buahnya.

Berbeda dengan pemimpin yang baik, anggota tim akan rela untuk bekerja dengan keras dan memberikan tenaga dan waktu mereka karena mereka tahu bahwa pimpinan mereka akan sangat menghargai pekerjaan mereka dan pemimpin mereka tahu bagaimana mengkomunikasikan tujuan dari tugas yang dilakukan oleh tim mereka dengan baik.

Saat kita menyuruh orang untuk menyelesaikan tugas mereka, maka kita akan mendapatkan pekerja

Saat kita percaya pada seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, maka kita akan mendapatkan pemimpin.

Pemimpin yang baik akan selalu akan mendorong tim mereka untuk menjadi lebih baik dan berkembang.

Mereka akan memberikan kewenangan pada anak buahnya untuk menyelesaikan tugasnya hingga selesai, meskipun itu sangat riskan, namun pemimpin yang baik akan selalu berada di belakang mereka dan akan memberikan pengarahan serta perlindungan anak buah mereka melakukan kesalahan.

Pemimpin yang baik selalu bahwa anggota tim mereka adalah orang orang yang dapat berkembang dan menjadi pemimpin selanjutnya di masa depan, sehingga mereka dapat belajar dari posisi mereka sekarang.

Dipimpin oleh pemimpin yang buruk kita akan merasa bekerja di suatu perusahaan

Dipimpin oleh pemimpin yang baik kita akan merasa saling bekerja sama

Jika kamu pernah bekerja di suatu perusahaan atau organisasi dengan kepemimpinan yang buruk, kamu akan merasa bahwa fungsimu hanyalah seperti baut atau sekrup dari suatu mesin yang besar.

Fungsimu sangat kecil meskipun sangat bermanfaat bagi mesin tersebut, namun sebuah sekrup atau baut sungguh mudah di dapatkan dan harganya pun sangat murah dan mudah ditemukan.

bagian-mesin-yang-besar-actionesia


Meskipun kamu mengeluh dan mengumbar ancaman akan keluar dari suatu perusahaan atau organisasi tersebut maka tidaklah hal yang besar bagi perusahaan tersebut.

Dengan kepemimpinan yang baik, maka pemimpin akan membuat bawahannya adalah suatu bagian penting yang ada di dalam suatu mesin tersebut.

Karena merasa merupakan bagian yang terpenting kita akan terus berusaha untuk mengeluarkan kemampuan terbaik kita untuk kesuksesan dari organisasi atau perusahaan dimana kita bekerja.

Namun jangan merasa tertipu, meskipun kamu mengeluarkan kemampuan terbaikmu, jangan merasa bahwa kamu hanya sedang dimanfaatkan.

Sisi positif dari hal tersebut adalah kamu sedang melatih potensi potensi dari apa yang kamu miliki.

Jika memang potensi tersebut bermanfaat bagi perusahaan tersebut, maka potensi tersebut juga akan bermanfaat untukmu.

Bayangkan saja jika kamu keluar dari perusahaan tersebut, maka akan banyak tawaran yang datang kepadamu karena mereka tahu potensi yang besar di dalam dirimu.

Atau jika kamu membangun suatu usaha, maka kamu dapat menggunakan potensi yang sudah terbukti berhasil di perusahaan tempat di mana kamu bekerja dan barangkali usahamu tersebut dapat menjadi saingan bagi perusahaan tempat kamu bekerja dulu.

Jika kamu memiliki pemimpin yang sangat baik dan mampu membuatmu merasa bermanfaat bagi perusahaan dan orang yang bekerja sama dengamu maka teruslah keluarkan potensi terbaikmu.

Jika Kamu ingin bahagia lakukan sesuatu untuk diri Kamu.

Jika Kamu ingin merasa puas, maka lakukan sesuatu untuk orang lain

Pemimpin yang baik tidak hanya akan memikirkan dirinya sendiri.

Mereka bekerja untuk membantu orang lain dan mendorong orang lain untuk menjadi lebih baik.

Mengapa mereka mau melakukan itu?

Karena mereka tahu bahwa kebahagiaan terbesar bagi seorang manusia adalah merasa puas di dalam setiap aspek kehidupannya, termasuk di dalam bekerja.

Meskipun kamu bekerja dan mendapatkan gaji yang sangat besar dengan menduduki salah satu posisi tertinggi di suatu perusahaan, hal itu tidak akan menjamin kepuasan dalam dirimu.

Passion dari seorang pemimpin sejati adalah mendapatkan kepuasan di dalam lahir dan batin mereka.

Yaitu dengan melihat dan mampu melakukan sesuatu untuk orang lain tertolong atas apa yang mereka lakukan.

Pemimpin-melihat-dan-mampu-melakukan-sesuatu-untuk-orang-lain-tertolong-atas-apa-yang-mereka-lakukan


Pemimpin pemimpin yang baik yang pernah ada di dunia ini kemungkinan besar sebelum mereka diikuti dan memiliki bawahan yang setia adalah sosok pribadi yang sangat senang membantu orang lain atau rekan kerja mereka.

Dengan membantu orang lain atau bersedia melakukan sesuatu untuk orang lain selain merasa puas di dalam diri mereka, ternyata mereka juga mendapatkankan pengalaman baru serta ilmu baru yang dapat bermanfaat untuk kehidupan mereka tidak saja untuk pekerjaan namun bermanfaat untuk kehidupan sosial mereka.

Konsumen tidak akan menyukai suatu perusahaan, sebelum karyawannya mencintai perusahaan tersebut

Suatu perusahaan akan menjadi baik karena karyawannya, begitu juga sebaliknya.

Sudah banyak yang menyatakan bahwa karyawan merupakan suatu aset yang sumber daya yang sangat penting di dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Meskipun kamu memiliki sebuah perusahaan dengan manfaat yang besar untuk orang banyak dan ide yang dapat membuat perusahaan tersebut menjadi top 10 perusahaan terbesar di dunia, dengan mengelola sumber daya terpenting di dalam perusahaan yaitu karyawanmu dengan salah dan tidak manusiawi, maka saya akan mengatakan ide tersebut hanya telur busuk!

Saat kamu mampu membuat karyawanmu mencintai perusahaan yang kamu miliki atau mencintai tempat di mana mereka bekerja maka kesempatan perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang disukai oleh konsumen akan menjadi sangat besar.

Saya pernah menjadi salah satu karyawan perusahaan dengan brand internasional selama satu setengah tahun di Bali.

Dan saya sangat menyukai tempat saya bekerja tersebut, kenapa?

Karena saya sangat menyukai gaya kepemimpinan dari atasan saya dan juga teman sekerja saya.

Nah apakah Kamu ( jika seorang pemimpin ) mampu untuk menumbuhkan rasa kecintaan karyawanmu terhadap perusahaanmu bekerja?

Jika kamu mampu, maka kamu dapat membuat perusahaan mana pun termasuk perusahaanmu sendiri mendapatkan konsumen dan pelanggan yang setia terhadap jasa dan produk yang kamu miliki.

Dengan memiliki karyawan yang mencintai perusahaan mereka, maka kesan yang di dapatkan oleh konsumen adalah bahwa perusahaan Kamu merupakan perusahaan yang benar benar dapat melayani semua pihak.

Ini terlihat dari bagaimana staf dan karyawan perusahaan tersebut melayani pelanggan mereka, saat ada karyawan yang dengan senang hati dan tidak tertekan untuk bekerja dan melayani pelanggan, maka konsumenmu merasa senang.

Saat konsumen merasa senang, maka apa yang kamu tawarkan terhadap mereka akan selalu diminati, karena konsumen saat ini tidak saja melihat produk atau jasa yang mereka butuhkan namun mereka juga ingin dilayani dengan baik.

Saat karyawan mencintai perusahaan dimana mereka bekerja, maka itu berarti mereka dilayani dengan baik oleh perusahaan tersebut dan saat karyawan merasa dilayani dengan baik maka mereka akan senang hati melayani konsumen yang datang kepada mereka.

Sesederhana itu.

Jadilah pemimpin seperti yang ingin Kamu miliki

Mungkin Kamu belum menjadi seorang pemimpin saat ini.

Namun tidak menutupi kemungkinan kamu akan menjadi salah satu pemimpin yang terbaik yang pernah ada di dunia.

Oleh karena itu, saat kamu berada di bawah pimpinan satu atasan, maka belajarlah.

YA, Belajarlah!

Belajar apa?

Belajar semuanya!

Seorang pemimpin yang baik merupakan orang yang melakukan pembelajaran setiap saat sepanjang hidup mereka.

Karena mereka tahu, dunia ini akan terus mengalami perubahan, itu adalah hukum yang pasti.

Saat kamu bekerja, maka jadilah pemimpin bagi dirimu sendiri.

Dengan memimpin dirimu sendiri, maka kamu akan mengenal dirimu sendiri, dengan mengenal dirimu sendiri maka kamu akan mampu untuk mengubah hal yang perlu kamu ubah untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Mulai saat ini, kenali karakter pemimpin yang ingin kamu miliki dengan bersikap seperti pemimpin sejati.

"Kamu dapat membaca ciri ciri pemimpin yang baik"

Meskipun kamu belum menjadi pemimpin, dengan memiliki karakter seorang pemimpin yang baik, maka Kamu akan membangun masa depan yang cerah.

Karena selama saya hidup dan mempelajari kehidupan pemimpin yang baik, mereka semua memiliki kehidupan yang sangat indah, meskipun ada yang tidak memiliki kekayaan yang banyak, namun mereka dapat hidup dengan bahagia.

Karena tujuan hidup seorang manusia adalah menjalani masa masa di dunia ini dengan rasa bahagia, maka mengapa tidak menjalani kehidupan yang bahagia dengan mempraktekan kehidupan seorang pemimpin yang baik?

Artikel Terkait