15 Kata Bijak dari Bob Marley

Bob Marley merupakan salah satu musisi internasional, aktivis dan juga filantropi yang dihormati oleh seluruh dunia.

Musik musiknya telah mempengaruhi cara berpikir dunia hanya dengan mendengar syair syair dari lagu yang diciptakannya.

Berikut ini adalah 15 kata bijak dari musisi reggae dunia ini;

Kata bijak dari Bob Marley
Foto by by @e2b.sude

1. Aku tidak percaya pada kematian, badan kasar maupun badan halus alias jiwa.

Kalimat yang diucapkan oleh Bob Marley ini bukanlah bersifat atheis atau mengandung ajakan untuk tidak mempercayai Tuhan.

Melainkan dia ingin mengajak kita untuk benar benar mengandalkan kekuatan kita untuk mewujudkan apa yang ingin kita capai di dunia ini.

Jika ingin kaya, maka bekerjalah dengan keras dan tekun, jangan mengharapkan keuntungan atau kemujuran dengan meminta pada roh roh halus atau lintah darat dan penipu.

Jika ingin bahagia dan selamat, jagalah kesehatan tubuh kita ini, ga usah mengharapkan keselamatan dari jimat jimat atau batu batu yang dianggap dapat melindungi diri kita dari malapetaka.

2. Saat pintu tertutup, apakah kamu tau, kalo pintu yang lain akan terbuka

Siapa bilang didunia ini kesempatan atau peluang itu tidak datang dua kali?

Yang bilang seperti itu hanyalah orang yang berpikiran sempit.

Kesempatan pertama mungkin lewat begitu saja.

Seolah olah itulah satu satunya peluang atau kesempatan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Namun rencana Tuhan tidak pernah kita ketahui, mungkin dengan menutup satu peluang atau kesempatan yang lewat di depan mata kita merupakan cara Tuhan untuk menunjukan pada kita bahwa ada tujuan yang lebih layak untuk kita capai.

Jika pintu satu tertutup, maka janganlah kau menunggu untuk dibukakan, pergilah dari pintu itu, dan cari pintu yang terbuka yang sedang menunggu kedatanganmu.

3. Cintai Hidup yang kamu jalani, jalani hidup yang kamu cintai

Dengan mencintai kehidupan yang kita jalani, maka kita telah mengembangkan perasaan bersyukur kita atas apa yang telah disediakan di dalam kehidupan kita.

Jika ada orang yang tidak mencintai apa yang ada di dalam hidup mereka, maka mereka mungkin tidak menggunakan rasa syukur mereka.

Mereka terlalu banyak melihat hal hal yang tidak mereka miliki, dengan memfokuskan pada apa yang dimiliki oleh orang lain.

Dan kebanyakan orang yang seperti itu hanyalah akan menyia-nyiakan waktu dan tenaga mereka.

Sungguh kasian orang yang hidup dengan dipenuhi pengharapan atas apa yang dimiliki oleh orang lain.

Apa yang mereka miliki saat ini, tidak mampu membuat mereka bersyukur.

Sungguh kasian, sungguh kasian, harta benda, kesehatan dan keluarga mereka tidak hiraukan hanya untuk mengharapkan apa yang tidak mereka miliki.

Jangan sampai deh, apa yang tidak kita syukuri pergi dari kehidupan kita.

Terkadang hanya kehilangan dan kecewalah yang mampu mengingatkan kita untuk bersyukur, namun sekali lagi, jangan sampai kehilangan tersebut menyadarkan kita untuk bersyukur.

4. Hidup Adalah jalan yang besar dipenuhi dengan rambu rambu. Saat kamu menjalani hidup, jangan buat pikiranmu menjadi rumit. Bebaskan dirimu dari rasa benci, pikiran jahat dan cemburu. Jangan Kubur pikiranmu.

Kehidupan kita memang adalah jalan yang besar yang sudah dipenuhi rambu rambu.

Baik itu rambu dari masyarakat sendiri dan juga dari Tuhan yang dimediasi oleh Nabi, mesiah, avatar, Buddha dan orang suci lainnya.

Menjalani hidup yang baik itu sudah ada cara caranya.

Kamu tinggal membaca aturan pakainya saat menjalani hidup ini, kamu tinggal mencontoh apa yang sudah di praktikan oleh orang orang suci sebelum kita, kamu tinggal melihat apa yang baik dan tidak baik.

Entah karena cuek, tidak tau atau mau coba coba, masih saja ada manusia yang tidak mengikuti aturan dari kehidupan yang baik ini.

Untuk menjalani hidup kita dengan baik, cukup dengan menyederhanakan pikiran kita.

Tidak memenuhi pikiran kita dengan pikiran pikiran licik, rasa cemburu sehingga timbul pikiran licik dan akhirnya menjadi benci.

Jangan kubur pikiranmu dengan perasaan atau pikiran pikiran yang menumpulkan rasa cinta dan kasih sayang dengan melakoni tindakan yang dilandasi rasa benci atau cemburu.

Sayangilah hidupmu dengan selalu mengembangkan rasa kasih dan sayang dengan tujuan untuk menikmati perjalanan hidup ini dengan baik.

5. Permulaan biasanya menakutkan,, dan bagian akhir biasanya adalah kesedihan, namun semuanya diantara kedua hal tersebut sungguh layak untuk dijalani.

Kata bijak yang satu ini adalah cerminan dari kehidupan secara keseluruhan.

Saat bayi lahir, orang tua akan senang sekaligus sering khawatir, apakah anak mereka akan hidup dengan sehat dan ibunya selamat?

Saat si orang tua meninggal, si anak pun akan sedih karena ditinggalkan oleh orang yang pertama kali menyambutnya di dunia ini.

Kedua sisi kehidupan tersebut tidaklah dapat kita hindari, sampai kapanpun.

Jika kita memikirkan akhir dari kehidupan ini, maka kita tidak akan dapat menikmati apa yang ada di depan mata kita, apa yang dapat kita nikmati, apa yang kehidupan ini tawarkan untuk kita nikmati.

Entah kamu berpikir, kelahiran dan kematian itu keuntungan atau kerugian, lebih baik kamu menciptakan kehidupanmu sendiri agar menjadi menguntungkan, baik itu untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain.

Kelahiranmu tidak akan membawa kebaikan jika seluruh isi hidupmu tidak membawa kebahagiaan pada dirimu atau orang lain.

Kematianmu juga tidak akan menguntungkan jika selama hidupmu, kamu tidak mampu untuk mengambil hikmah dari kehidupan ini.

Maka jalanilah hidup ini dengan cara yang baik dan menguntungkan bagi semuanya termasuk dirimu tanpa merugikan atau menyakiti orang lain, maka awal yang mengkhawatirkan dan kesedihan dari akhir hidup ini akan terasa layak.

6. Jangan kubur pikiranmu, buat visimu menjadi kenyataan

Pikiran manusia sungguh cepat melebihi cepatnya pengiriman informasi Google ke tangan pengguna internet.

Dengan kecepatan pikiran kita, terkadang kita dibuat kewalahan untuk menangkap atau mengingat apa yang ditimbulkan dari pikiran tersebut.

Pikiran pikiran yang timbul dalam otak kita tidaklah muncul tanpa alasan.

Apa yang kamu pikirkan adalah apa yang telah, sedang dan akan kamu jalani.

Jika kamu dapat merenung dan bertanya pada dirimu sendiri, apa yang ingin kamu capai dalam hidupmu?

Saya ga tau apakah ada orang yang tidak mampu untuk bertanya pada diri mereka sendiri, apa yang mereka inginkan dalam hidup mereka sendiri.

Saya yakin, kebanyakan orang akan memikirkan banyak hal untuk hidup mereka, begitu banyak keinginan dan harapan yang mereka ingin raih.

Saking banyaknya, mereka tidak mampu untuk memilih, mana yang mereka harus dapatkan terlebih dahulu.

Alih alih mereka menanyakan pada diri mereka lagi, malahan mereka mengubur pikiran mereka dengan tidak menghiraukan cita cita mereka.

Jangan!

Jangan seperti itu!

Berusahalah sekuat tenagamu untuk mewujudkan segala visi hidupmu, sekecil apapun itu.

Di dalam perjalanan mewujudkan impianmu tersebut, kamu akan dapat menikmati hidup ini seperti layaknya orang sukses.

7. Jangan memperumit pikiranmu

Sama seperti poin di atas. Pikiran kita adalah sesuatu yang paling cepat pergerakannya.

Jika kita tidak dapat mengendalikan pikiran kita, maka kita akan dikendalikan oleh pikiran kita.

Pikiran hanya boleh mengatur tingkah laku kita saat kita memerlukannya saja, seperti misalnya reflek saat menghindari kecelakaan, menolong orang secara otomatis dan sebagainya.

Tindakan tindakan otomatis adalah cara menyederhanakan pikiran kita, menyederhanakan kehidupan kita.

Bukan berarti saya menganjurkan kamu untuk menyederhanakan semuanya ya, tapi saat kamu ingin menolong seorang pengemis, maka tolonglah dia dengan memberi uang atau apa saja, tanpa ada alasan atau embel embel apa apa.

Saat kamu tidak ingin menolong, ya ga usah menolong, tanpa alasa dan embel embel apapun juga.

Jangan sering sering, menggunakan alasan alasan yang hanya ingin menampilkan atau membentuk image di dalam pikiranmu.

Sederhanakan perilakumu dan pikiranmu, maka semuanya akan terlihat mudah tanpa harus mengurangi makna di dalamnya.

8. Kenyataannya adalah, semua orang akan menyakitimu. Tugasmu hanya menemukan satu saja yang layak untuk rasa sakitmu tersebut.

Siapa yang akan selalu dapat menyayangi kita di dunia ini selain yang menciptakan kita?

Bob Marley sadar bahwa saat kita tergantung pada orang lain atas kebahagiaan dan hidup kita, maka kita sama saja dengan menggantungkan harapan kita pada hal yang sia sia.

Di dalam hidupmu, terkadang terasa aneh, kebahagiaan itu bisa datang bukan disaat kita mendapatkan sesuatu, namun terkadang kebahagiaan tersebut muncul saat kita merelakan sesuatu yang menjauh dari kita.

Pengorbanan terhadap seorang anak misalnya, itu merupakan salah satu poin yang ingin disampaikan Marley pada poin ini.

Bagi kamu yang sudah punya anak mungkin akan rela untuk begadang setelah seharian bekerja dan esok paginya harus kerja lagi demi melihat anak tidur dengan pulas.

Bagi anak yang berbakti mungkin akan sama, mereka akan rela membanting tulang dan tubuh dipenuhi rasa sakit demi untuk mewujudkan impian orang tua mereka.

Rasa sakit yang kita alami bukanlah suatu hukuman atau penderitaan yang patut kita alami.

Di dalam rasa sakit tersebut entah kamu sadar atau tidak, akan selalu ada pihak yang mendapatkan kebahagiaan.

Jika kamu merasa itu tidak adil, maka mungkin ada penderitaan orang lain yang mendasari kebahagiaanmu saat ini.

Kata bijak ini mengajak kita untuk secara sadar bertindak atau berbuat untuk orang yang benar benar layak untuk kita perjuangkan.

Berkorban adalah salah satu cara yang paling indah untuk mengalami apa yang namanya cinta.

Dengan secara sadar kita mengabdikan segala perbuatan kita untuk orang yang kita cintai tersebut, maka kehidupan kita tidak akan lagi terasa seperti penderitaan, malah sebaliknya.

9. Lebih baik mati memperjuangkan kebebasan daripada menjadi tahanan sepanjang hidupmu.

Paham yang dianut oleh Bob Marley ini dapat diterapkan bukan hanya untuk mereka yang sedang memperjuangkan kemerdekaan bangsa mereka, namun juga untuk mereka yang ingin merasakan kebebasan di dalam hidup mereka.

Kebebasan dalam hal ini adalah universal.

Setiap orang memiliki keyakinan terhadap arti kebebasan masing-masing.

Bebas menentukan tujuan hidup mereka, bebas dari tekanan yang membuat hidup mereka menderita, bebas dari rasa tidak nyaman selama hidup mereka.

Namun perlu kamu ingat, saat kamu ingin memperjuangkan kebebasan, maka kamu perlu ingat juga bahwa kamu tidak hidup di dunia ini seorang diri.

Bob Marley mengatakan kata bijak ini karena dia memperjuangkan hak hak asasi manusia yang tidak diperlakukan dengan adil.

Maka kamu sebagai salah satu masyarakat dunia juga harus memperhatikan saudara saudara disampingmu saat memperjuangkan atau mencari kebebasanmu.

Kita tidak bisa mencari atau menjalankan kebebasan sendiri dan tidak menghiraukan hak dan kebebasan orang lain.

Untuk mencapai kebebasan bagi hidupmu, kamu harus membuka hati dan pikiranmu seluas luasnya.

Kamu tidak bisa memperjuangkan dan rela mati demi kebebasan yang memiliki arti sempit.

Saat kamu rela mati demi kebebasan yang kamu anggap benar sendiri dan tidak menghiraukan kebebasan orang lain, maka kamu bukanlah bagian dari masyarakat dunia dan tidak mengaplikasikan kata bijak Marley yang satu ini.

10. Jangan memenangkan dunia ini dan menyerahkan jiwamu, kebijaksanaan lebih baik dari emas dan perak.

Dunia ini adalah taman bermain kita.

Taman bermain ini hanyalah bukan miliki kita, taman bermain ini adalah sebagai taman bermain.

Kamu tidak akan tinggal di taman bermain selamanya.

Suatu saat kamu akan meninggalkannya.

Orang orang yang tidak bijak akan selalu berusaha untuk memiliki semuanya, memikirkan cara agar mereka dapat menikmati dan menguasai apa yang bukan milik mereka.

Sebaliknya, orang bijak akan selalu menggunakan waktu mereka untuk menikmati apa yang ada di depan mereka secara bijak.

Tujuan menikmati tersebut juga bukan untuk memiliki atau merebut kebahagiaan orang lain.

Orang yang berpikiran sempit akan selalu mencari cara untuk menguasai atau memiliki sehingga lupa bagaimana cara menikmatinya.

Bagi mereka yang belum memiliki mungkin akan sangat sulit untuk menikmati apa yang mereka belum miliki.

Namun di dunia ini, semuanya adalah hal yang dapat dinikmati.

Secara gratis.

Tatanan dan sistem yang dibuat oleh orang tidak bijak telah membuat seolah segala sesuatu yang dapat dinikmati adalah sesuatu yang terbatas dan memiliki harga.

Termasuk emas dan perak!

Kenapa emas dan perak atau batu mineral lainnya lebih berharga daripada batu batu kali?

Karena orang tidak bijak telah mengajarkan dan mempengaruhi dunia.

Oleh karena itu, Bob Marley mengajak kita untuk tidak mempertaruhkan “kemanusiaan” kita hanya untuk barang barang yang tidak lebih berharga daripada hidup dan jiwa kita.

Untuk dapat hidup dengan baik dan bahagia di dunia ini, kita harus bijak untuk memilih apa saja yang dapat membuat kita bahagia.

Ga usaha meniru atau mengikuti arti kebahagiaan orang lain.

Kembangkan pikiran dan akal sehatmu untuk mencari kebahagiaan hakiki dari hidupmu, untuk tubuh dan jiwamu.

11. Kebesaran seseorang bukan diukur dari seberapa banyak kekayaannya, tapi integritas dan kemampuannya untuk mempengaruhi sekitar secara positif.

Berkaitan dengan poin di atas, materi bukanlah hal yang utama di dalam kehidupan kita.

Mempengaruhi secara positif di sini bertujuan untuk “memutar” roda kehidupan kita sebagai manusia.

Saat ini orang yang sangat berpengaruhi di dunia adalah mereka yang memiliki kekayaan paling besar.

Saya tidak menyangkal hal tersebut.

Saya juga tidak memandang negatif atas hal tersebut.

Mereka adalah orang orang yang memang memiliki kekuatan besar yang dapat menuju pada hal positif atau hal negatif.

Kekayaan dan kekuasaan adalah kekuatan yang memiliki dua sisi yang dapat dimanfaatkan secara baik atau tidak.

Sebagai contoh Bill Gates adalah orang terkaya di dunia saat ini, sisi positif yang telah kita lihat adalah bagaimana ia menyumbangkan kekayaannya untuk negara berkembang untuk kegiatan sosial dan pendidikan.

Di samping itu ada Mahatma Gandhi dan Bunda Teressa yang dapat mempengaruhi secara positif tanpa memiliki banyak materi.

Kita memang tidak dapat menyamakan zaman dulu dan zaman sekarang.

Namun meskipun kita tidak memiliki materi yang banyak saat ini, namun dengan kemajuan yang kita nikmati saat ini, kita pun dapat mempengaruhi berjuta juta orang secara positif.

Misalnya dengan sosial media yang kamu miliki.

Kamu dapat berbagi pikiran pikiran positifmu kepada dunia.

Kamu dapat berbagi pengalaman dengan netizen yang haus akan hiburan dan informasi.

Daripada kamu hanya memposting keluh kesah atau memamerkan hal hal yang tidak dapat bermanfaat bagi orang lain, maka akan lebih baik kamu berbagi tentang pelajaran apa yang telah kamu dapatkan hari ini.

12. Jangan menilai, sebelum kamu menilai dirimu. Jangan menilai, jika kamu belum siap untuk dinilai.

Seringkali kita melihat banyak orang yang menilai seseorang atau bahkan memberikan komentar komentar atas perbuatan, pencapaian atau kegagalan orang lain.

Namun taukah kamu bahwa setiap orang memiliki jalan hidup yang berbeda beda.

Boleh saja kamu mengomentari orang lain, asal itu dapat membangun mereka atau memberikan gambaran tentang hikmah yang dapat diambil dari orang lain tersebut.

Namun sebelum kamu menilai, mengkritik dan bahkan mencela orang lain, apakah kamu siap untuk dinilai, dikritik dan dicela oleh orang lain?

Mungkin kita pernah mendengar bahwa kritikan, celaan, ejekan adalah hal yang biasa dihadapi oleh orang orang sukses.

Tapi sebagai orang sukses, akan lebih baik kamu bisa membuktikan kata kata dan hidupmu sendiri sebelum menunjuk bahwa perbuatan atau sikap orang lain tersebut tidak sesuai dengan apa yang kamu alami sendiri.

Pikirkan pertanyaan ini;

Apakah dengan beban, masalah yang dihadapi dan takdir orang lain, kamu akan lebih berhasil atau lebih baik dari mereka?

Bisa lebih sukses, atau mungkin kamu tidak akan bisa berbuat apa apa selain menerima nasibmu.

Begitu juga seblaiknya, dengan beban, masalah dan takdirmu, belum tentu juga orang lain dapat bertahan hidup sepertimu.

Semua orang di dunia ini memiliki jalan dan peran masing masing.

Jadi, sering-seringlah “bercermin”.

13. Kamu tidak akan bisa hidup dengan jalan yang negatif, buatlah harimu menjadi positif.

Baik dan buruk, jelek atau bagus, kir dan kanan, atas dan bawah, semua hal di dunia ini adalah dualitas.

Kata kata Bob Marley yang satu ini menunjukan kepada kita bahwa hidup ini tidak akan bertahan lama jika kita hanya hidup dalam ke-negativitas-an saja.

Namun, kita juga tidak dapat hidup jika kita selalu positif sepanjang hari.

Contoh kalo kita terus memiliki perasaan positif; kita akan dipecat seringkali karena percaya bahwa rejeki ga akan kemana, kita akan kecelakaan seringkali karena percaya Tuhan akan melindungi kita, atau kita ga akan pernah meraih impian kita karena percaya bahwa dengan berpikiran terus menerus tentang impian kita akan mewujudkan impian tersebut.

Saya ga menganjurkan kamu untuk berpikiran negatif sepanjang hari.

Saya juga ga menganjurkan kamu untuk berpikiran negatif sepanjang hari.

Namun cobalah untuk berusaha berpikiran positif dalam batas yang wajar setiap hari, setiap jam!

Saat ini dunia dipenuhi dengan kenegativitasan, dan itu adalah hal yang wajar, gosip dimana mana, berita hoax terdapat di semua media dan bahkan orang orang sekitar kita pun seringkali membawa “aura” negatif.

Jadi bisa dibilang, hidup ini penuh dengan kenegatifitasan, jadi kamu ga perlu menambah kenegatifitasan tersebut lagi, cukup berseberangan pikiran saja dengan menumbuhkan rasa positif.

Jika semuanya terlalu positif, maka cobalah untuk berpikir negatif, tentunya dalam batas yang wajar, atau membayangkan kenegatifitasan tersebut hanya dalam otak kita.

Positif dan negatif adalah sesuatu yang menyeimbangkan kita untuk melewati jembatan kehidupan ini.

14. Hanya karena kamu bahagia, bukan berarti hari-mu yang sempurna, tapi kamu telah mampu untuk melihat melampaui ketidaksempurnaan hari-mu itu.

Kata bijak ini mengajak kita untuk menggunakan pikiran kita agar mampu untuk melihat kesempurnaan di dalam ketidaksempurnaan.

Semua di dunia ini sempurna, dan juga di dunia ini tidak ada yang sempurna.

Semua sudah semestinya.

Hari hari yang kamu lewati baik yang buruk dan juga yang indah sudah memang seharusnya kamu lewati.

Kita tidak akan menjadi seperti sekarang ini, jika kita tidak mampu melewati hari hari di masa lalu.

Entah itu dengan luka luka hati dan fisik, kesedihan, kegembiraan dan juga pertumbuhan fisik yang sempurna.

Melihat apa yang telah kamu capai hari ini, maka kamu harusnya berterima kasih atas hari hari yang baik dan buruk tersebut.

Kamu dapat menjadi dirimu seperti saat ini, karena kamu telah dibimbing oleh kehidupan baik dengan paksaan atau kerelaanmu pada masa lampau.

Kalo kamu belum mendapatkan apa yang kamu inginkan saat ini, maka berpikirlah bahwa kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan pada masa depan.

Masa lalu yang telah kamu lewati hanya membuatmu bertahan saja, dan tentu saja, untuk bertahan saja kamu harus melewati masa masa yang sulit, maka berarti apa yang kamu inginkan tersebut adalah hal yang cukup besar dan penuh resiko.

Lihatlah semua hal pada sisi baiknya, jika kamu melihat sesuatu yang buruk, perhatikan lebih dalam dan lama.

Pikirkan apa yang baik dari hal itu?

Pikirkan dengan pikiranmu, bukan hanya dengan mata dan telinga atau bagian tubuhmu yang lain.

Bayangkan sisi positif dari hal buruk tersebut pada hal yang akan datang, baik untuk orang lain, alam ini atau dirimu sendiri.

Melihat sisi positif dari satu hal memang perlu latihan, maka kamu perlu melatih dirimu untuk melihat sisi positifnya dan tentu saja kamu juga harus menyeimbangkan untuk melatih dirimu agar mampu melihat hal hal negatif.

Karena keseimbangan antara keduanya akan membuatmu hidup lebih baik dan tentu saja akan melihat keindahan dibalik semuanya.

15. Semua hal yang paling indah tidaklah sempurna, mereka spesial.

Kamu mungkin merasa bahwa hidupmu kok datar datar aja, kok ga ada yang spesial dalam hidupku?

Malahan hidup temen temenku lebih indah dan dipenuhi hal hal yang spesial.

Dengan bertanya seperti itu, berarti kamu adalah orang yang spesial.

Akan menjadi lebih spesial, jika kamu melanjutkan pertanyaanmu;

Bagaimana caranya agar aku menjadi spesial.

Bagaimana caranya agar aku mendapatkan hal spesial dalam hidupku.

Langkah langkah apa saja yang perlu aku ambil agar...

Saya memiliki salah satu cara, dan ingat! Ini hanyalah salah satu cara, jadi bukan satu satunya cara ya.

Untuk menjadi sempurna dalam hidup dan menjadi seseorang yang spesial adalah dengan menjadikan dirimu tidak tergantikan.

Nah untuk cara menjadi tidak tergantikan, ada beberapa cara dan saya mungkin tau sedikit saja.

Cara yang pertama adalah mencari tau, apa yang dibutuhkan oleh kehidupan ini.

Mungkin terdengar muluk ya, coba deh ganti dengan lingkup yang lebih kecil.

Coba cari tau apa yang dibutuhkan oleh, tempatmu bekerja, atau lingkungan tempat tinggalmu, atau pacarmu.

Langkah selanjutnya adalah dengan bekerja keras.

Dengan tekun menjadikan dirimu sumber utama dari tempatmu bekerja, lingkungan tempat tinggalmu atau buat pacarmu, maka kamu akan menjadi orang yang paling sempurna bagi mereka.

Orang yang lebih hebat, pintar, kuat dan sebagainya pasti ada.

Namun kamu ga akan pernah dapat digantikan oleh siapapun jika kamu mampu atau berusaha untuk menyempurnakan diri bagi mereka.

Kata bijak yang terakhir ini juga sebagai penutup artikel saya kali ini, karena saya ingin menyadarkan diri saya bahwa artikel ini ga akan menjadi sempurna buat pembaca actionesia.com ini, tapi akan menjadi hal yang spesial buat saya sebagai penulis.

Salam Sukses.

Artikel Terkait